DOA BRANGKAT UMROH

Do’a Untuk Orang Yang Ditinggalkan

Berikut adalah do’a yang ditujukan untuk orang yang akan ditinggalkan ibadah haji atau umroh

أَسْتَوْدِعُكَ اللَّهَ الَّذِى لاَ تَضِيعُ وَدَائِعُهُ

Astawdi’ukallaha alladzi laa tadhi’u wa daa-i’uhu
Artinya: “Aku menitipkan kalian pada Allah yang tidak mungkin menyia-nyiakan titipannya.”
Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW pergi meninggalkanku dan beliau mengucapkan, “Astawdi’ukallaha alladzi laa tadhi’u wa daa-i’uhu (Aku menitipkan kalian pada Allah yang tidak mungkin menyia-nyiakan titipannya)” (HR. Ibnu Majah no. 2825 dan Ahmad 2: 358. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Do’a Untuk Jamaah Haji Atau Umroh

Berikut adalah do’a yang ditujukan untuk orang yang akan pergi haji atau umroh.

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

Artinya: “Aku menitipkan agamamu, amanahmu dan perbuatan terakhirmu kepada Allah”
Jika yang pergi haji atau umroh seorang perempuan maka doa bagi orang yang ditinggalkan adalah sebagai berikut:

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكِ وَأَمَانَتَكِ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكِ

Artinya: “Aku menitipkan agamamu, amanahmu dan perbuatan terakhirmu kepada Allah”
Apabila yang pergi haji atau umroh lebih dari satu jamaah, maka orang yang ditinggalkan dapat berdo’a sebagai berikut:

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكُمْ وَأَمَانَتَكُمْ وَخَوَاتِيمَ أَعْمَالِكُمْ

Artinya: “Aku menitipkan agama kalian, amanah kalian dan perbuatan terakhir kalian kepada Allah”
Sesungguhnya Ibnu ‘Umar pernah mengatakan pada seseorang yang hendak bersafar, “Mendekatlah padaku, aku akan menitipkan engkau sebagaimana Nabi Muhammad SAW menitipkan kami, lalu beliau berkata: “Astawdi’ullaha diinaka, wa  amaanataka, wa khowaatiima ‘amalik (Aku menitipkan agamamu, amanahmu, dan perbuatan terakhirmu kepada Allah)”.(HR. Tirmidzi no. 3443 dan Ahmad 2: 7. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan. Sedangkan Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).
Selain itu doa pergi haji atau umroh lainnya yaitu doa – doa yang biasa kita bacakan setiap hari, sperti halnya doa keluar rumah, do’a naik kendaraan, do’a tiba di tempat tujuan dan doa – doa sehari – hari kita yang lainnya: Berikut sebagian bacaan doa sehari – hari yang kira gunakan untuk doa pergi haji atau umroh.

Berdo’a Pada Saat Keluar Rumah

بِسْم اللَّهِ توكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، ولا حوْلَ ولا قُوةَ إلاَّ بِاللَّهِ

“Dengan menyebut nama Allah Aku bertawakkal kepada-Nya . Tiada daya dan kekuatan melainkan hanya berasal dari Allah.” (HR. At-Tirmidzi, no. 3426)

Do’a Naik Kendaraan

Ketika naik kendaraan seperti motor, mobil, kereta, kapal laut, pesawat dll, bacalah do’a ini:

بِسْمِ اللهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ {سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ} الْحَمْدُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْ لِيْ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

“Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Mahasuci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari Kiamat). Segala puji bagi Allah (3x), Mahasuci Engkau ya Allah, sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”  (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi; lihat Shahih Tirmidzi, 3:156)

Do’a Saat Tiba Di Tempat Tujuan

 أَللَّـهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهاَ وَخَيْرَ أَهْلِهاَ وَخَيْرَ ماَفِيْهاَ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهاَ وَشَرِّ أَهْلِهاَ وَشَرِّ ماَفِيْهاَ

Artinya: “Ya Allah, saya mohon pada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Dan saya berlindung pada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya.”

Niat Haji (Untuk Jamaah Haji)

لَبَّيْكَ اللَّـهُمَّ حَجاًّ

Artinya: “Kupenuhi Panggilan-Mu ya Allah untuk Haji”
Atau

نَوَيْتُ الحَجَّ وَأَحْرَمْتُ بِهِ ِللهِ تَعاَلىَ

Artinya: Aku niat haji dengan ber-Ihram karena Alloh

Niat Umroh (Untuk Jamaah Umroh)

لَبَّيْكَ اللَّـهُمَّ عُمْرَةً

Artinya: Aku sambut panggilan-Mu ya Allah untuk ber-umrahArtinya
Atau

نَوَيْتُ العُمْرَةَ وَأَحْرَمْتُ بِهاَ ِللهِ تَعاَلىَ

Artinya: Aku niat Umroh dengan ber-Ihram karena Alloh
Share Artikel : 

Comments

Popular Posts